Rabu, 18 Januari 2017

aktifasi sensor to PLC

Sensor ibarat mata sebuah manufacturing engineering. Salah satu sensor yang sering kita pelajari  adalah sensor proximity magnetic, proximity induktive, infra red, optic dan sensor kapasitive yang kita rancang untuk mensensor benda atau pergerakan pada sebuah sistem induatrial. Salah satu sensor yang akan di pakai kali ini untuk pembuatan sistem konveyor adalah sensor kapasitive seperti gambar ini.

Sensor ini memiliki 3 terminal yaitu 1. Warna merah di hubungkan ke VCC 24 VDC, 2. Warna biru dinhubungkan keground 0 VDC dan, 3. Hitam atau coklat di hubungkan ke output sensor itu sendiri.

Pada prinsip nya jika ada benda  di depan sensor ini  dengan jarak yang diatur stabil dengan rol posisi antara permukaan sensor dengan benda. Sensor akan bekerja lebih stabil dalam operasi kerjanya, termasuk pengaruh suhu dan tegangan. Posisi objek (standar) sensing transit ini adalah sekitar 70% sampai 80% dari jarak (nilai) normal sensing.


Nilai output dari Proximity Switch ini ada 3 macam, dan bisa diklasifikasikan juga sebagai nilai NO (Normally Open) dan NC (Normally Close). Persis seperti fungsi pada tombol, atau secara spesifik menyerupai fungsi limit switch dalam suatu sistem kerja rangkaian yang membutuhkan suatu perangkat pembaca dalam sistem kerja kontinue mesin.

Serelah di sambungkan kabel terminal sensor ini. Jika ada benda yang di depanya maka sensor akan berfungsi aktif ON. Sehingga V24 VDC sensor akan aktifkan input PLC. Seperti soal yang sering saya berikan ke siswa. Jika sensor aktif makan input plc aktif dan di program untuk apa sensor itu aktif apa yang akan di gerakannya melalui output PLC itu sendiri seperti Relay , kontaktor dan Katup Selenoid, yang merupakab triger untuk menjalankan dan mengoperasikan mekanik robot dan aktuatot lainya seperti. Silinder. Motor. Suara. Alarm dan lain lain.

Masih banyak sensor yang dipakai pada mekatronika
Terutama dalam merancang sistem enginering

Penjelasan mendetail dan lanjut bisa di posting komentar
Atau WA 0821 7209 3339
Pin bbm 5F70

2 komentar: